Menjaga Sepatu Agar Lebih Tahan Lama

Karena dipakai sehari-hari, sepatu biasanya akan berusia tidak kian lebih 2 th..

Namun dengan perlakuan yang pas, sepatu anda bisa dipoles, hingga terlihat mengkilap dan baru untuk waktu yang lebih lama.

Tersebut disini sebagian anjuran untuk melindungi sepatu supaya bertahan lebih lama.
1. Semir Sampai Mengkilap

Bila sepatu anda mulai terlihat sirna dan tua, segarkan warnanya dengan semir. Sepatu kulit tua akan terlihat jadi kering, jadi tangani dengan conditioner supaya kulit sepatu kembali lembut dan elastis.

“Semir dengan warna netral, yaitu yang paling baik untuk membuat cerah sepatu. Demikian sebaliknya, lilin bisa mengeringkan kulit sepatu, ” kata Joe Rocco, yang memiliki Jim’s Shoe Repair di New York City.
2. Disimpan ditempat yang kering dan tertutup

Langkah paling baik membuat perlindungan sepatu dari debu dan kotoran yaitu dengan tas sepatu katun atau kotak sepatu.

Bila Anda lebih suka pada rack sepatu, berikan ruangan kosong yang cukup diantara sepatu-sepatu, terlebih pada sepatu kulit dan sepatu kulit atau buatan yang dipernis. “Jika bersentuhan, terlebih ditumpuk dan ditindih, mereka bisa sama-sama mengakibatkan kerusakan, ” lanjut Rocco.

Bila sepatu Anda basah, janganlah segera diletakkan pada kotaknya. Ini bisa mengakibatkan muncul bau, bakteri, maupun jamur.
Bersihkan Sepatu dari Lumpur dan Kotoran

3. Rajin Dibersihkan

Saat terserang kotoran, tangani permasalahan itu secepat-cepatnya. Noda lumpur harus dibikin bersih secepat-cepatnya dengan sikat supaya lepas semuanya.

Untuk sepatu kulit, noda bahkan juga bisa menghancurkan sepatu anda dengan cara permanen.

Jadi, yakinkan untuk cepat-cepat menanganinya dengan kain basah atau disikat dan dicuci (bergantung pada type bahan sepatu).
4. Gunakan Bertukaran

Mungkin saja Anda miliki satu sepatu favorite, namun sepatu butuh libur juga. Jadi, yakinkan untuk merotasi sepatu yang Anda gunakan, kata McFarland. Sepatu butuh istirahat, jadi coba tidak untuk menggunakan sepatu yang sama kian lebih 2 atau 3 kali dalam satu minggu. Sepatu akan bertahan lebih lama bila memperoleh waktu untuk kembalikan memiliki bentuk.

Baca : Tips men-jual sepatu safety di bogor
Boots safety shoes Tree untuk Menjaga Bentuk Sepatu
5. Pertahankan Bentuk Sepatu

Untuk melindungi bentuk sepatu anda, berikan Shoe tree, yakni sejenis rangka berupa kaki yang terbuat dari kayu atau besi.

Langkah lain, masukan gumpalan kertas sebagai pengganti shoe tree, kata Rocco. Ia memberikan, “ketika sepatu yang basah jadi kering, sepatu miliki kecenderungan untuk melengkung. ”

Shoes Tree bisa perpanjang usia sepatu sampai 3 kali usia wajarnya, karena bisa menghindar sepatu kehilangan bentuk, mengkerut, dan melengkung di bagian pergelangan kaki.
6. Jagalah dari hujan

Selekasnya sesudah beli sepatu baru, tidak perduli apa berbahan, semprotkan pelindung air pada sepatu. Pelindung air ini akan menahan air hujan atau cairan apa pun supaya tak menembus masuk, kata McFarland. Kerjakan hal semacam ini empat kali dalam satu tahun.
Bila sepatu kulit anda basah karena air hujan, keringkanlah pada temperature ruang. Pemakaian pengering (hairdryer) akan membuatnya mengkerut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s