Alat-alat Keselamatan Kerja dan Fungsinya di Dapur

Siapa katakan pekerjaan dapur aman-aman saja dan tidak perlu alat pelindung? Ada alat-alat keselamatan kerja dan manfaatnya di dapur yang dapat mengamankan pemakainya. Dapur kan bukan sekedar yang ada dirumah, memiliki bentuk kecil, dan tak diisi beberapa barang besar beresiko.

Image result for keselamatan kerja dapur

Terdapat beberapa dapur yang besar dan penuh alat-alat yang rumit dan beresiko apabila tidak digunakan dengan baik dan benar. Karenanya diperlukan alat keselamatan supaya mereka yang bekerja di dapur tidak alami kemungkinan kecelakaan berat atau bahkan juga kematian. Umpamanya saja dapur pada perusahaan katering, dapur restoran, dapur hotel, dapur tempat tinggal makan atau warung, dan yang lain.

Tips Melindungi Keselamatan di Dapur

Tersebut disini tips melindungi keselamatan di dapur, tersebut alat-alatnya :

1. Untuk menghindar terbakar, maka upayakan tak menggunakan baju atau pakaian lengan panjang saat memasak. Api dapat dengan gampang menyambar pakaian lengan panjang Anda apabila lengah, hingga baiknya gulung sampai ke siku jika Anda menggunakan lengan panjang.

2. Jauhi menempatkan buku resep, kain lap yang gampang terbakar, atau bungkus makanan dari kertas di dekat kompor. Jauhkan juga korek api, terlebih korek api gas dari kompor Anda. Ini menghindar terjadinya kebakaran.

3. Sepatu safety dan celemek. Ini yaitu perlengkapan yang harus dipakai oleh beberapa koki yang bekerja di dapur. Sepatu akan melindungi kaki dari luka akibat zat kimia atau dari jatuhnya pisau. Tengah celemek akan melindungi badan dari cipratan minyak atau air panas.

4. Hati-hati dengan tabung gas untuk kompor. Pakai regulator yang baik, supaya saat kompor dinyalakan gas tak bocor. Selekasnya ubah regulator apabila longgar atau periode waktu penggunaannya telah habis.

5. Untuk dapur besar, senantiasa siapkan alat pemadam kebakaran portable. Ini akan begitu bermanfaat jika berlangsung kebakaran. Apabila di dapur tempat tinggal, Anda dapat pakai handuk basah untuk memadamkan api, atau ambillah garam dan siramkan di api.

Kunci dari keselamatan di dapur yaitu diri Anda. Janganlah lengah, lupa meninggalkan kompor dalam kondisi menyala, atau sangat tergesa-gesa dan kehilangan sikap tenang. Alat alat keselamatan kerja dan manfaatnya di dapur itu akan optimal apabila Anda tetaplah tenang dan dapat kuasai emosi supaya tak cemas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s