10 Ciri-ciri Dosen yang profesional baik untuk di tiru

14170111431822473649Tidak henti-hentinya saya mencari cara pelajaran yang pas untuk aku pribadi. tetapi, beberapa hal yang saya peroleh dari artikel atau buku yang sudah saya baca. nah, artikel/buku di bawah yaitu himpunan dari beberiapa artikel/buku yang di seleksi sedemiakian rupa supaya sesuai sama evaluasi saya,,, mungkin saja saja kamu bisa sepakat apabila masuk dalam akal sehat kamu… terima kasih,, ini hanya evaluasi untuk kita semuanya dan cara mengajar dosen yang disukai mahasiswa.

Jadi dosen yang profesional yaitu yang diimpikan tiap-tiap dosen. Kenapa? Karenanya juga akan tingkatkan harga dianya jadi manusia. Dosen yaitu peneliti serta pendidik. Ia bekerja di perguruan tinggi yang seringkali dikatakan sebagai garba ilmiah, tempat bersemai serta berkembang ilmu dan pengetahuan. Ada yang menyebutkan kalau dosen yaitu peneliti yang mengajar. Ia mempelajari serta meningkatkan ilmu dan pengetahuan serta ia juga mengajar atau mendidik calon-calon praktisi serta ilmuwan yang juga akan meningkatkan ilmu dan pengetahuan serta mengaplikasikan hasil-hasil riset untuk memecahkan beragam masalah orang-orang. Pertanyaannya saat ini yaitu bagaimana tanda-tanda dosen yang baik itu? Di bawah ini yaitu sepuluh ciri yang sudah digambarkan lewat karya Milton Hildebrand serta Kenneth Feldman. Dosen yang mempunyai semuanya ciri itu dipandang jadi dosen yang ” hebat ” oleh mahasiswa serta rekan sejawat mereka dan beberapa staf administrasi. Dosen yang mempunyai kemampuan di beberapa bagian ini (serta lemah di beberapa yang beda) dipandang jadi dosen yang baik oleh beberapa pengamat serta jadi dosen yang buruk oleh pengamat yang beda dan cara menjadi dosen yang profesional.

1. Gaya Mengajar Yang Merangsang Belajar

  • Menghidangkan kuliah lewat cara yang menarik serta melibatkan mahasiswa.
  • Memakai humor untuk menolong menjaga perhatian mahasiswa
  • Menguatkan tiap-tiap point paling utama dengan memberi referensi, contoh, serta contoh yang bermakna
  • Mengkaitkan materi kuliah dengan dunia mahasiswa
  • Mengkaitkan materi kuliah pada pengalaman sesungguhnya dalam dunia nyata
  • Memusatkan perhatian pada pelajaran yang juga akan jadi sisi permanen dari kehidupan seorang serta juga akan dipakai berkali-kali diluar kampus
  • Meningkatkan rasa menginginkan tahu
  • Sediakan saat untuk buat mahasiswa dengan psikologis siap untuk belajar

2. Kekuatan Untuk Berkomunikasi Dengan Terang

  • Mengemukakan info lewat cara yang pasti serta bisa difahami
  • Dapat mereduksi pengetahuan hingga pada komponen-komponennya yang paling sederhana
  • Mengkaitkan keduanya info yang diberikan
  • Mengkaitkan teori, prinsip-prinsip, serta beberapa rencana pada aplikasi praktis
  • Merumuskan maksud belajar dengan terang serta memberitahukannya keapda mahasiswa
  • Menjawab pertanyaan dengan selesai serta bebas
  • Memberi umpan balik dengan teratur lewat cara yang mendorong mahasiswa belajar
  • Menerangkan kritik yang didapatkan pada mahasiswa

3. Kuasai Materi Kuliah Yang Dipegangnya

  • Mempunyai pengetahuan yang cukup luas serta mendalam di bagian pengetahuan yang dikuliahkan
  • Mempunyai pengetahuan yang canggih di bagian pengetahuan yang dikuliahkan
  • Mempunyai prinsip pada bagian sebagai spesialisasinya (senantiasa membaca literatur, menghadiri pertemuan profesional, dll.)
  • Pelihara kontak dengan rekan-rekan sejawat di bagiannya (didalam serta diluar universitas)
  • Bisa mendemonstrasikan serta melukiskan beberapa segi yang perlu, dan menerangkannya
  • Ketahui materi kuliahnya dengan cukup baik hingga bisa mengutamakan aspek-aspeknya yang paling perlu
  • Tunjukkan serta ketidaksamaan serta implikasi beragam teori serta prinsip di bagian pengetahuan itu
  • Menghubungkan sebagian kenyataan serta rencana-konep yang lebih perlu pada bagian studi yang berkaitan

4. Siap serta Terorganisir

  • Berencana dengan baik aktivitas kuliah untuk satu semester, unit, minggu, sehari
  • Memberi silbaus yang diisi maksud mata kuliah, bibliografi, pekerjaan, laporan laboratorium, pekerjaan tempat tinggal, jadwal tes, pekerjaan spesial, penilaian, serta pedoam
  • Datang ke ruangan kuliah siap untuk mengajarkan tema tersebut
  • Memakai saat kuliah dengan efisien serta efisien
  • Menghidangkan kuliah demikian rupa hingga mahasiswa bisa lihat hubungan-hubungan yang berada di dalam materi kuliah itu
  • Menggaris bawahi beberapa inspirasi yang utama
  • Memakai alat bantu belajar dengan dampaktif
  • Memubat ikhtisar untuk menolong mahasiswa pelajari serta mengingat materi kuliah

5. Mempunyai Ketertarikan Yang Dinamis

  • Terasa tertarik serta suka mengajar, serta tunjukkan hal itu
  • Dengan tulus tertarik pada mata kuliah itu
  • Buat belajar itu jadi satu pengalaman yang menyenangkan
  • Pancarkan sikap yang positif ke arah kehidupan dengan umum
  • Meningkatkan gaya kemanusiaannya sendiri yang unik
  • Ingin berupaya lebih keras untuk buat mahasiswa lakukan apa pun yang diperulukan untuk belajar

6. Mempunyai Kepedulian Pribadi Pada Mahasiswa

  • Dengan tulus menghormati mahasiswa serta tunjukkan sikap perduli serta siap menolong ini
  • Tunjukkan dengan terang kalau ia menginginkan menolong mahasiswa belajar
  • Sediakan saat serta berupaya untuk mengetahui mahasiswa serta keperluan mereka
  • Bekerja dengan tiap-tiap mahasiswa jadi pribadi
  • Bicara dengan mahasiswa, baik didalam ataupun diluar kelas
  • Menolong mahasiswa temukan jawaban atas pertanyaan mereka sendiri
  • Dihargai karna beberapa nasehatnya pada beberapa hal terkecuali problem kuliah, dan dalam aktivitas didalam kelas

7. Keterampilan Berhubungan

  • Lihat keperluan mahasiswa serta senantiasa ikuti perubahan perkembangan tiap-tiap mahasiswa
  • Memakai reaksi serta umpan balik dari mahasiswa untuk tingkatkan danmemandu tindakannya
  • Dengan akurat membaca serta mengomunikasikan bebrapa tanda non-verbal
  • Ketahui saat beberapa mahasiswa tidak mengerti
  • Melihat mahasiswa saat bicara pada mereka, didalam atau diluar ruangan kuliah-kontak mata tunjukkan ada kesadaran sesungguhnya
  • Berupaya supaya mahasiswa sama-sama mengenal
  • Memberikan pujian pada prestasi mahasiswa yang berhasil untuk berikan motivasi belajar mereka di masa mendatang

8. Fleksibilitas, Kreatifitas, Keterbukaan

  • Memakai beragam macam gaya serta cara penyajian kuliah
  • Membagi tiap-tiap jam kuliah jadi paling tidak tiga aktivitas yang terpisah
  • Bekerja dengan beragam mahasiswa dengan bebeda
  • Merubah pendekatan mengajar untuk sesuaikan dengan kondisi baru
  • Dengan berkala, coba beberapa inspirasi baru serta berlainan
  • Selalu meneus mencari beberapa inspirasi, pendekatan serta cara mengajar yang baru
  • Terbuka pada anjuran mahasiswa tentang isi, cara perkuliahan, serta beberapa pekerjaan yang didapatkan pada mahasiswa
  • Memakai individualitas serta originalitas dalam mengatur aktivitas belajar mengajar

9. Mempunyai Kepribadian Yang Kuat

  • Mempunyai integritas serta krjujuran dalam semuanya hubungan dengan mahasiswa
  • Menyampaikan dimuka semuanya ketentuan serta kriteria spesial tidak ada keinginan yang disembunyikan
  • Tidak merubah ketentuan tanpa ada kesepakatan mahasiswa
  • Begitu waspada serta melakukan tindakan adil dalam memberi nilai serta ujian
  • Melindungi kerahasiaan mahasiswa
  • Bersedia ambil kemungkinan untuk melakukan perbuatan salah serta lalu melakukan perbaikan kekeliruan yang sudah dibuatnya
  • Mempunyai kesabaran serta pengertian untuk mahasiswa baru

10. Prinsip

  • Tunjukkan keingingan tulus untuk mengajar
  • Jadikan mengajar jadi poritas nomor satu
  • Terima pembatasan serta kerja yang dibutuhkan menggerakkan pekerjaan dengan benar
  • Lakukan semua apa yang dibutuhkan selalu untuk memberitahu mahasiswa mengenai perkembangan, kesuksesan, serta kebutuhannya
  • Memohon input dari mahasiswa, rekan sejawat, serta pegawai administrasi untuk maksud perbaikan
  • Terima kritik serta anjuran jadi tanda perubahan yang positif
  • Senantiasa mencari beberapa cara mengajar yang baru serta lebih baik
  • Sharing beberapa inspirasi paling baik dengan rekan sejawat untuk penambahan profesional mereka
  • Memanglah juga akan begitu menolong bila dosen itu terlahir telah mempunyai karisma, sifat bijak, kehangatan, gemerlap, serta ketertarikan yang dinamis.
  • Namun ini tidaklah hanya satu ciri untuk pengajaran yang sangat baik, serta kita bisa memakai beberapa kemampuan yang sudah kita punyai.

Mahasiswa bukan sekedar terpacu oleh ketertarikan, namun juga terpacu oleh organisasi, kejelasan, keilmuan, serta tehnik mengajar yang baik. Hal semacam ini difahami oleh tiap-tiap dosen yang betul-betul perduli serta betul-betul menginginkan mengajar dengan baik!

Yang menggembirakan yaitu kalau, bahkan juga ketidaksamaan kecil juga seringkali cukup untuk menjaga perhatian sedikit tambah baik atau menyampaiakn inspirasi dengan lebih terang. Kita mesti yakin pada diri kita sendiri serta bekejra keras untuk jadi dosen sebaik-baiknya, sesuai sama tanda-tanda kita semasing.

” Sedikit dosen yang hebat ; mungkin saja tak ada dosen yang senantiasa baik. Namun, banyak dosen yang terkadang hebat. ” (Milton Hildebrand, 1973) Kita butuh berupaya keras untuk buat kehebatan yang terkadang ini berlangsung seringkali!
maaf saja apabila ada dosen yang tersinggung,,, ini hanya input dari mahasiswanya.. terima kasih,,

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s